1. Proses Keputusan Membeli
Keputusan seorang pembeli juga dipengaruhi oleh ciri-ciri kepribadiannya, termasuk usia, pekerjaan, keadaan ekonomi. Perilaku konsumen akan menentukan proses pengambilan keputusan dalam melakukan pembelian.
Menurut Kotler (1997) ada beberapa tahap dalam mengambil suatu keputusan untuk melakukan pembelian, antara lain:
1. Pengenalan Masalah
Merupakan faktor terpenting dalam melakukan proses pembelian, dimana pembelian akan mengenali suatu masalah atau kebutuhan.
2. Pencarian Informasi
seorang selalu mempunyai minat atau dorongan untuk mencari informasi. Apabila dorongan tersebut kuat dan obyek yang dapat memuaskan kebutuhan itu tersedia maka konsumen akan bersedia untuk membelinya.
3. Evaluasi Alternatif
konsumen akan mempunyai pilihan yang tepat dan membuat pilihan alternatif secara teliti terhadap produk yang akan dibeli.
4. Keputusan Pembeli
Setelah konsumen mempunyai evaluasi alternatif maka konsuemen akan membuat keputusan untuk membeli. penilaian keputusan menyebabkan konsumen membentuk pilihan merek diantara beberapa merek yang tersedia.
5. Evaluasi Pasca Pembelian
merupakan proses evaluasi yang dilakuakan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan keputusan pembelian. Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya. Konsumen akan puas jika produk tersebut sesuai dengan harapannya dan selanjutnya akan meningkatkan permintaan akan merek produk tersebut dimasa depan.
2. Memilih Alternatif Terbaik
Didalam pengambilan keputusan, pengambilan keputusan harus memilih salah satu alternatif diantara banyak alternatif. Pemilihan dapat dilakukan berdasarkan pada kriteria tertentu, kompromi, atau tekanan. Memang harus diakui ada hasil keputusan yang memuaskan semua pihak tetapi ada juga yang merugikan pihak lain.
3. memilih Sumber-Sumber Pembelian
Pencarian informasi dapat bersifat aktif atau pasif, internal atau eksternal, pencarian informasi yang bersifat aktif dapat berupa kunjungan terhadap beberapa toko untuk membuat pertandingan harga dan kualitas produk, sedangkan pencarian informasi pasif hanya dengan membaca iklan dimajalah atau surat kabar tanpa mempunyai tujuan khusus tentang gambaran produk yang diinginkan. Pencarian informasi internal tentang sumber-sumber pembelian dapat berasal dari komunikasi perorangan dan pengaruh perorangan yang terutama berasal dari komunikasi perorangan dan pengaruh perorangan yang terutama berasal dari pelopor opini, sedangkan informasi eksternal berasal dari media masa dan sumber informasi dari kegiataan pemasaran perusahaan.
Sumber Pribadi : Keluarga, teman, tetangga, kenalan.
Sumber Komersial : Iklan, wiraniaga, agen, kemasan, pajangan.
Sumber Publik : media massa, organisasi penilaian konsumen.
Sumber Pengalaman : penanganan, pemeriksaan dan menggunakan produk.
Sumber : https://www.wattpad.com/4248683-pengertian-perilaku-konsumen-pembelian-proses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar