Sabtu, 31 Oktober 2015

SUMBER DAYA KONSUMEN & PENGETAHUAN



1. Sumber Daya Ekonomi
Potensi sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu seumber daya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumber daya alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi manusia yangb dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap sumber daya secara struktur harus bisa dialihkan pada sumber daya alam lain. Misalnya, penggunaan energi sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

2. Sumber Daya Sementara
·         Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya. Contohnya: Menonton TV, Memancing, Golf, Tennis (Waktu Senggang) Tidur, Perawatan Pribadi, Pulang pergi (Waktu Wajib)
·         Barang Penghematan waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa 
mereka. Contohnya: oven microwave, pemotong rumput, fast food.

3. Sumber Daya Kognitif
Pengertian sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasarkan pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata-skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya- dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme.

4. Kandungan Pengetahuan
Kajian Myke mendefinisikan kandungan pengetahuan sebagai: “jurnal keupayaan sumber tenaga manusia, aset dan pengamalan kepemimpinan, modal teknologi dan maklumat, hubungan kerjasama, harta intelek, stok maklumat serta kebolehan untuk berkongsi pembelajaran dan penggunaan, yang boleh digunakan untuk menjaga kekayaan dan meningkatkan daya saing ekonomi”.

5. Organisasi Pengetahuan
Pengetahuan Konsumen akan Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan konsumen mengenai hal-hal tersebut. Pengetahuan Konsuemen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yangb terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsimya sebagai konsumen.
1.      Pengetahuan tentang karakteristik/atribut produk
2.      Pengetahuan tentang manfaat produk
3.      Pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen.

  1.  Manfaat Fungsional, yaitu manfaat yang dirasakan konsumen secara fisiologis 
  2.  Manfaat Psikologis, yaitu aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan konsumen stelah mengkonsumsi suatu produk

6. Mengukur Pengetahuan
Cara yang paling nyata dalam mengukur kemampuan pengetahuan  adalah menilai secara langsung isi ingatan. Beberapa indikator pengukur pengetahuan, antara lain:
1. Pengetahuan Ojektif ( Objektive Knowledge )
Pengukuran yang menyadap apa nyang benar-benar sudah disimpan oleh konsumen didalam ingatan.
2. Pengetahuan Subjektif (Subjective Knowledge)
Dipengaruhi oleh kepercayaan diri seseorang, yaitu bahwa orang yang percaya diri mungkinmelaporkan secara berlebihan tingkat pengetahuan mereka(Engel, Blackwell, & Miniard, 1994, p.331-332).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar